SMP Negeri 10 Purworejo

Pertemuan 4: Algoritma

Course Content
Soal Berbasis AKM
0/1
Informatika Kelas 8

    Pertemuan 4: Algoritma

    Kode Aktivitas Pembelajaran

    Aktivitas BK-K8-04-U: Kode Robotika Mesin Bordir.

    Tujuan Pembelajaran:
    • Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang mengandung unsur eksekusi algoritma.
    • Peserta didik mampu menyusun algoritma untuk kasus tertentu.
    Kebutuhan Sarana dan Prasarana 

    Buku gambar, pensil, penghapus, penggaris.

    Apersepsi

    Bayangkan jika setiap kali Anda mengetikkan kata di mesin pencari, pesan di aplikasi obrolan, atau bahkan mengoperasikan mobil pintar Anda, ada “otak” yang bekerja di balik layar untuk membuat semuanya berjalan dengan mulus. Ini adalah otak buatan yang berfungsi berkat algoritma.

    Kegiatan Inti
    • Langkah 1: Penjelasan Mesin Bordir dan Konsep Algoritma (15 menit)
      Perkenalkan peserta didik kepada mesin bordir dan bagaimana mesin ini bekerja berdasarkan instruksi yang diberikan. Jelaskan konsep dasar algoritma sebagai urutan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu.
    • Langkah 2: Demonstrasi Mesin Bordir (15 menit)
      Tunjukkan bagaimana mesin bordir bergerak dan menciptakan pola bordir. Jelaskan bahwa pergerakan mesin ini dikendalikan oleh algoritma berbasis posisi.
    • Langkah 3: Latihan Identifikasi Posisi (20-30 menit)
      Bagikan beberapa pola bordir sederhana kepada peserta didik dan mintalah mereka untuk mengidentifikasi titik awal dan titik selesai pada setiap pola. Diskusikan bagaimana pemahaman posisi ini akan membantu dalam merancang algoritma.
    • Langkah 4: Rancang Algoritma (30-40 menit)
      Berikan peserta didik beberapa pola bordir berdasarkan huruf pada nama mereka dan mintalah mereka untuk merancang algoritma berbasis posisi untuk menggerakkan mesin bordir dari titik awal ke titik selesai dalam menciptakan pola tersebut.
    • Langkah 5: Implementasi (30-45 menit)
      Berikan peserta didik kesempatan untuk menuliskan kode robotika pada mesin bordir berdasarkan hasil rancangan yang mereka buat.
    • Langkah 6: Presentasi dan Diskusi (15-20 menit)
      Setelah uji coba, berikan waktu bagi peserta didik untuk mempresentasikan algoritma mereka dan hasil yang mereka capai. Diskusikan pentingnya pemahaman posisi dan algoritma dalam mengendalikan mesin bordir.
    Penutup

    Akhiri kegiatan dengan merangkum konsep algoritma berbasis posisi dan relevansinya dalam penggunaan mesin bordir..