Pertemuan 1: Fungsi
Kode Aktivitas Pembelajaran
Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue.
Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik mampu menjelaskan dan mengimplementasikan konsep fungsi (input-proses-output).
- Peserta didik mampu mengeksekusi rangkaian langkah kerja.
Kebutuhan Sarana dan Prasarana
Buku gambar, pensil, penghapus, penggaris.
Apersepsi
Mari kita mulai perjalanan kita ke dunia yang penuh dengan misteri, di mana kita akan memecahkan kode rahasia bagaimana komputer, smartphone, bahkan mesin kopi otomatis Anda bekerja. Apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana perangkat tersebut dapat mengerti perintah kita dan memberikan hasil yang sesuai? Hari ini, kita akan memahami dan mengungkap konsep yang kuat yang disebut “fungsi.”
Kegiatan Inti
- Langkah 1: Penjelasan Konsep Dasar (15 menit)
Mulailah dengan penjelasan konsep dasar tentang fungsi (input-proses-output) pada mesin pembentuk kue. Jelaskan bagaimana input masuk ke dalam fungsi, kemudian melalui proses tertentu, menghasilkan output.
- Langkah 2: Demonstrasi dan Contoh (10 menit)
Tunjukkan contoh perubahan bentuk yang terjadi pada adonan yang melewati setiap mesin. Jelaskan bagaimana input, proses, dan output berinteraksi dalam kasus ini.
- Langkah 3: Kegiatan Implementasi (45-90 menit)
Peserta didik mengidentifikasi input, proses, dan output dari mesin pembentuk kue dengan menggambarkan proses perubahan bentuk yang terjadi pada adonan yang melewati mesin.
- Langkah 4: Presentasi dan Diskusi (15-20 menit)
Setelah peserta didik selesai menggambarkan proses perubahan bentuk yang terjadi pada adonan kue, berikan waktu bagi peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerja. Peserta didik harus menjelaskan input, proses, dan output yang terjadi saat adonan melewati mesin pembentuk kue.
Penutup
Akhiri kegiatan dengan merangkum kembali konsep-konsep utama yang telah dipelajari, termasuk pemahaman tentang bagaimana konsep input-proses-output diterapkan dalam mesin pembentuk adonan kue.