SMP Negeri 10 Purworejo

Modul Ajar: Berfikir Komputasional

Course Content
Soal Berbasis AKM
0/1
Informatika Kelas 8

    Modul Ajar: Berfikir Komputasional

    Capaian Pembelajaran

    Peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume kecil serta mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate).

    Tujuan Pembelajaran
    1. Peserta didik mengenal dan mengimplementasikan konsep fungsi (input-proses-output) sebagai mesin komputasi, dan mengeksekusi mesin.
    2. Peserta didik mampu memodelkan persoalan logika dalam bentuk himpunan.
    3. Peserta didik mampu mengoperasikan bilangan dalam berbagai representasi.
    4. Peserta didik mampu menyelesaikan persoalan yang mengandung unsur eksekusi algoritma serta menyusun algoritma untuk kasus tertentu.
    5. Peserta didik mampu mengenal organisasi data terstruktur sebagai tumpukan (stack).
    Kata Kunci

    Berpikir komputasional, fungsi, himpunan, algoritma, representasi data, struktur data, sistem bilangan.

    Kaitan dengan Elemen Informatika

    Berpikir Komputasional secara umum bukanlah hal yang asing dalam kehidupan manusia. Komputer banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan manusia karena dalam beberapa hal komputer dapat menyelesaikan masalah dengan lebih efektif dan efisien. Materi Berpikir Komputasional ini melatih cara berpikir peserta didik untuk menyelesaikan berbagai masalah yang disajikan dalam bentuk soal-soal pendek yang temanya tidak selalu berkaitan dengan komputer. Diharapkan peserta didik dapat menerapkan pola pikir tersebut dalam berbagai bidang pada kehidupannya sehari-hari. Berpikir Komputasional adalah proses penyelesaian masalah yang mencakup (tetapi tidak terbatas pada) karakteristik-karakteristik berikut:

    1. Pemformulasian masalah dengan cara tertentu yang memungkinkan penggunaan komputer atau perangkat lainnya untuk membantu penyelesaian masalah tersebut.
    2. Pengorganisasian dan analisis data secara logis.
    3. Representasi data melalui abstraksi, misalnya dengan model dan simulasi.
    4. Otomasi solusi melalui pemikiran algoritmis (sekumpulan langkah-langkah yang terurut).
    5. Proses identifikasi, analisis, dan implementasi solusi-solusi yang bertujuan untuk mendapatkan kombinasi langkah dan pemanfaatan sumber daya yang paling efisien dan efektif.
    Organisasi Pembelajaran

    Materi

    Tujuan Pembelajaran

    Profil Pelajar Pancasila

    Aktivitas

    Waktu

    Fungsi

    Peserta didik mengenal dan mengimplementasikan konsep fungsi (input-prosesoutput) sebagai mesin komputasi, dan mengeksekusi mesin

    Bernalar Kritis, Mandiri

    BK-K8-01-U:

    Mesin Pembentuk Kue

    3 JP

    Himpunan

    Peserta didik mampu memodelkan persoalan logika dalam bentuk himpunan.

    Bernalar Kritis, Mandiri

    BK-K8-02-U:

    Crack The Code

    3 JP

    Sistem Bilangan

    Peserta didik mampu mengoperasikan bilangan dalam berbagai representasi.

    Bernalar Kritis, Mandiri

    BK-K8-03-U:

    Bilangan Desimal dan Biner

     

    3 JP

    Algoritma

    Peserta didik mampu menyelesaikan persoalan yang mengandung unsur eksekusi algoritma serta menyusun algoritma untuk kasus tertentu.

    Bernalar Kritis, Mandiri, Kreatif

    BK-K8-04-U:

    Kode Robotika Mesin Bordir

    3 JP

    Struktur Data

    Peserta didik mampu mengenal organisasi data terstruktur sebagai tumpukan (stack).

     

    BK-K8-05-U:

    Berhitung Seperti Komputer

    3 JP

    Desain Aktivitas Pembelajaran